Indonesia Casual Discussion Warkop Indonesia

satria

Contributor
Indonesia Correspondent
Messages
877
Reactions
7 1,344
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Sotoy Mode on ...

hanya opini, sepertinya ini permainan mereka supaya menekan kita membayar kredit yang mereka tau susah dibayarkan.

ga masuk akal ya, insiyur kita mencuri dalam kondisi kerjasama ...

dulu yang main mata2 pertama kan mereka, sampe laptop kita dicuri/ dikuras datanya ... jadi ini hanya permainan mereka menekan kita ... just gope from me
 

NEKO

Experienced member
Indonesia Correspondent
Messages
3,074
Reactions
3 2,688
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Mumpung musim pemilu, bisa dipakai untuk menanyakan nasib kerjasama kita dengan korea.
Udah gak debat2 lagi ya capresnya?
 

norman88

Committed member
Messages
178
Reactions
133
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
"Pejabat ini menjelaskan, “Sampai saat ini, kami belum menemukan data apa pun yang melanggar Rahasia Militer atau Undang-Undang Perlindungan Teknologi Industri Pertahanan,” dan menambahkan, “Saya memahami bahwa sebagian besar adalah data umum.” Sumber pemerintah menjelaskan, “Tampaknya tidak ada teknologi strategis (di antara data yang coba dibocorkan oleh para insinyur Indonesia),” dan menambahkan, “Kami sedang dalam tahap menganalisis konten dan melihat kembali apakah ada masalah serius"

 

Chocopie

Contributor
South Korea Correspondent
Messages
541
Reactions
33 1,986
Nation of residence
Germany
Nation of origin
South Korea
"Pejabat ini menjelaskan, “Sampai saat ini, kami belum menemukan data apa pun yang melanggar Rahasia Militer atau Undang-Undang Perlindungan Teknologi Industri Pertahanan,” dan menambahkan, “Saya memahami bahwa sebagian besar adalah data umum.” Sumber pemerintah menjelaskan, “Tampaknya tidak ada teknologi strategis (di antara data yang coba dibocorkan oleh para insinyur Indonesia),” dan menambahkan, “Kami sedang dalam tahap menganalisis konten dan melihat kembali apakah ada masalah serius"

„It has been reported that the KF-21 technical data obtained by Indonesian engineers includes avionics equipment such as the AESA radar that serve as the eyes of the fighter, test flight data/technology, and other technology that encompasses the KF-21.“

 

Umigami

Experienced member
Moderator
Indonesia Moderator
Messages
6,101
Reactions
5 4,936
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
"Pejabat ini menjelaskan, “Sampai saat ini, kami belum menemukan data apa pun yang melanggar Rahasia Militer atau Undang-Undang Perlindungan Teknologi Industri Pertahanan,” dan menambahkan, “Saya memahami bahwa sebagian besar adalah data umum.” Sumber pemerintah menjelaskan, “Tampaknya tidak ada teknologi strategis (di antara data yang coba dibocorkan oleh para insinyur Indonesia),” dan menambahkan, “Kami sedang dalam tahap menganalisis konten dan melihat kembali apakah ada masalah serius"

„It has been reported that the KF-21 technical data obtained by Indonesian engineers includes avionics equipment such as the AESA radar that serve as the eyes of the fighter, test flight data/technology, and other technology that encompasses the KF-21.“


Lebih percaya kata pejabat berwenang lah ketimbang sekedar "dilaporkan". 😆
 

Umigami

Experienced member
Moderator
Indonesia Moderator
Messages
6,101
Reactions
5 4,936
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
„It has been reported that the KF-21 technical data obtained by Indonesian engineers includes avionics equipment such as the AESA radar that serve as the eyes of the fighter, test flight data/technology, and other technology that encompasses the KF-21.“

Terus gimana juga tuh engineer kita bisa dapatin data penting AESA?
Kan udah jelas kita gak dapat akses ke sana?
Mengada-ada aja...
 

Chocopie

Contributor
South Korea Correspondent
Messages
541
Reactions
33 1,986
Nation of residence
Germany
Nation of origin
South Korea
Terus gimana juga tuh engineer kita bisa dapatin data penting AESA?
Kan udah jelas kita gak dapat akses ke sana?
Mengada-ada aja...
I‘m quoting Korean news reports. SBS is as credible as Yonhap and a major media outlet. We‘ll see ☕️
 

urban mine

Committed member
Messages
164
Reactions
11 458
Nation of residence
South Korea
Nation of origin
South Korea
I‘m quoting Korean news reports. SBS is as credible as Yonhap and a major media outlet. We‘ll see ☕️
Well, I think SBS is the only one who mentioned that. The follow-up denied this. I'll choose to wait a little longer. Of course, I don't mean to let this go.
 

Chocopie

Contributor
South Korea Correspondent
Messages
541
Reactions
33 1,986
Nation of residence
Germany
Nation of origin
South Korea
Well, I think SBS is the only one who mentioned that. The follow-up denied this. I'll choose to wait a little longer. Of course, I don't mean to let this go.
I‘ve read other news outlets with similar reports. But it was dismissed so far:

"There are reports from some media that the KF-21 technical data obtained by Indonesian technicians includes avionics equipment such as AESA radar, which is the eye of a fighter jet, and it has not been confirmed at all due to the issue currently under investigation. Please refrain from speculative reports."


We‘ll have to wait for the investigation results. Fact is: There were illegal attempts to smuggle unauthorized USBs and other memory storage with KF-21 data out of restricted KAI area.
 

urban mine

Committed member
Messages
164
Reactions
11 458
Nation of residence
South Korea
Nation of origin
South Korea
I‘ve read other news outlets with similar reports. But it was dismissed so far:

"There are reports from some media that the KF-21 technical data obtained by Indonesian technicians includes avionics equipment such as AESA radar, which is the eye of a fighter jet, and it has not been confirmed at all due to the issue currently under investigation. Please refrain from speculative reports."


We‘ll have to wait for the investigation results. Fact is: There were illegal attempts to smuggle unauthorized USBs and other memory storage with KF-21 data out of restricted KAI area.
It's interesting to see how things will play out.
 

norman88

Committed member
Messages
178
Reactions
133
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Pada tanggal 17 bulan lalu, seorang peneliti asal Indonesia di Korea Aerospace Industries (KAI) dicegah oleh petugas keamanan di pos pemeriksaan masuk KAI.

Hal ini terjadi karena dalam tas peneliti tersebut ditemukan USB dan perangkat penyimpanan tanpa izin.

KAI merupakan perusahaan yang sedang mengembangkan jet tempur supersonik Korea, KF-21.

Peneliti tersebut merupakan salah satu dari sekitar 10 peneliti yang dikirim oleh Indonesia untuk berkontribusi dalam pengembangan bersama KF-21.

KAI segera melaporkan insiden ini kepada Badan Intelijen Nasional, Kepala Badan Investigasi Militer, dan Badan Proyek Pertahanan, yang saat ini sedang melakukan penyelidikan bersama.

Keadaan ini menimbulkan kecurigaan bahwa peneliti tersebut mungkin mencoba mengeluarkan informasi internal terkait pengembangan KF-21 melalui USB.

Namun, menurut pejabat KAI, hingga saat ini "USB hanya berisi data umum, dan tidak ditemukan informasi sensitif yang melibatkan rahasia militer atau melanggar hukum perlindungan industri pertahanan terkait KF-21."

Badan Proyek Pertahanan menyatakan, "Kita harus menunggu hasil penyelidikan untuk mengetahui detail lebih lanjut."

Telah dilaporkan bahwa peneliti ini mengklaim secara tidak sengaja menaruh USB yang digunakan secara pribadi di tempat tinggalnya ke dalam tas dan kemudian tertangkap

Badan Investigasi Militer dan Badan Intelijen Nasional sedang menerapkan larangan keberangkatan untuk peneliti ini dan sedang menyelidiki peneliti Indonesia lainnya.


A reliable source, I guess
 
Last edited:

satria

Contributor
Indonesia Correspondent
Messages
877
Reactions
7 1,344
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
ga masuk akal ya, insiyur kita mencuri dalam kondisi kerjasama ...

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal pada Jumat, KBRI Seoul telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Korea dan institusi terkait di Korea guna mendalami lebih jauh kasus tersebut.

“KBRI Seoul juga telah berkomunikasi langsung dengan insinyur Indonesia itu dan memastikan bahwa dia saat ini tidak ditahan,” kata Iqbal melalui pesan singkat.

Dia menjelaskan para teknisi Indonesia telah terlibat dalam proyek bersama pengembangan jet tempur Indonesia-Korsel tersebut sejak 2016, dan telah memahami prosedur kerja serta aturan yang berlaku.

Terus gimana juga tuh engineer kita bisa dapatin data penting AESA?
Kan udah jelas kita gak dapat akses ke sana?
Mengada-ada aja...
Salah satu pejabat DAPA mengatakan penyelidikan berfokus pada identifikasi dokumen spesifik yang coba dicuri para pakar dari Indonesia tersebut.

Dia juga mengatakan USB itu berisi dokumen umum, bukan data-data yang terkait teknologi strategis yang berpotensi melanggar undang-undang rahasia militer atau perlindungan industri pertahanan.

 

Umigami

Experienced member
Moderator
Indonesia Moderator
Messages
6,101
Reactions
5 4,936
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Salah satu pejabat DAPA mengatakan penyelidikan berfokus pada identifikasi dokumen spesifik yang coba dicuri para pakar dari Indonesia tersebut.

Dia juga mengatakan USB itu berisi dokumen umum, bukan data-data yang terkait teknologi strategis yang berpotensi melanggar undang-undang rahasia militer atau perlindungan industri pertahanan.
Nah kan bener....
 

Raggiana-13

Member
Messages
14
Reactions
14
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Japan
There is a meaning when this case got hear by mass media..

Blunder on our side, we must discipline our researcher to play by the rule... Not to shame for our country face with some stupid behaviour like forgot not to bring USB card to the site...
 

Gary

Experienced member
Messages
8,257
Reactions
22 12,777
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Gua sih ga masalah, spionase industri itu mah dimana-mana pasti ada.


Cuman timing nya itu lho. Mana bayar masih nunggak lagi awokwkwk.

Udah lah keluar aja. Mau lu pemerintah sebenarnya apa sih ?
 
Top Bottom