Indonesia Casual Discussion Warkop Indonesia

JATOSINT 

Experienced member
Professional
Messages
1,791
Reactions
1 2,645
Website
twitter.com
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Did he just said that the additional power would be from abroad? Is that what he mean?

Not particularly sending their troop if something hot happen, but at least steady stream of supply and advance weapons would be good too.
Minimal donasi online, trending #PrayForIndonesia, sama akun2 medsos asing pasang bendera Indo di usernamenya
 

HeyPaula1963

Experienced member
Messages
1,654
Reactions
1,072
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
If I can choose, i would prefer Pak Fadjar more than Pak Yudo, no joke. Pak Fadjar had more interactions with abroad, especially US than YM this year, CMIIW. How can you make friends without interaction? Yes, things could change, but saw his past, it just what? Why? And how?

Pertimbangan pilih YM kayaknya cuman biar AL dapet jatah Panglima aja, lancang mungkin aku ngomong gini, tapi gak bisa/boleh(?) aku dipenjara apa mati atau ilang cuman karena ngomong ini.
 

HeyPaula1963

Experienced member
Messages
1,654
Reactions
1,072
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Minimal donasi online, trending #PrayForIndonesia, sama akun2 medsos asing pasang bendera Indo di usernamenya
The possibility still 6 out of 10 for me for Indonesia to be invade by PRC. The threat more real and danger more imminent for Taiwan waaayy more than us.

SCS? Some already claimed through nine dash line. Just make them has no total control of their claim by doing FONOPs there, and tell them “we just sailing through international waters” to make them mad and deny their unilateral claim.
 

chibiyabi

Well-known member
Messages
301
Reactions
232
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Togo

HeyPaula1963

Experienced member
Messages
1,654
Reactions
1,072
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
ni orang cocok jadi menhan, lobbynya bagus, bisa mikir jernih dan tenang.
lobi barang Amrik bagus ni
Aku gak yakin AP itu abis pensiun gak kepake atau dibuang gitu aja, ini orang potensinya gede. Menhan paling masuk akal, tapi awal 2023 entah dia jadi apa pas sebelum PS kampanye yang menurut UU menteri kalo kampanye gak boleh jabat. Jadi penasihat di Istana kali ya nunggu PS gak jadi Menhan lagi?. Kalo ada Dewan Keamanan Nasional jabatan kuat juga itu penasihat, kayak Jake Sullivan. Selama ini Jake itu ngobrolnya sama LBP yang kita-kita tau, mungkin lah bisa regenerasi ke AP, satu satuan juga dulu LBP sama AP, Den-81 masa dibawah LBM.
 

HeyPaula1963

Experienced member
Messages
1,654
Reactions
1,072
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Kabin bisa juga, luas banget tanggung jawabnya tapi gak punya pasukan organik gede bisa nyetop invasi. Palingan masalah nyelesaiinnya skala kecil pake operasi intelijen yang pasukan, logistik, transportasi BKO/CHOPped/diperbantukan dari TNI/Polri. Jujur kalo aku yang tanggung jawab, aku kalo ada masalah mending pake Operasi Intelijen nyelesaiinnya selama masih bisa, semua juga gitu sih kayaknya wkwk

CHOP: Change of Operational Command/Control, term DoD untuk BKO
 

Madokafc

Experienced member
Think Tank Analyst
DefenceHub Diplomat
Messages
5,452
Reactions
2 9,379
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
It is very warming to the heart to see more than half of the type of the vehicles in the convoy is locally produced and designed

 

HeyPaula1963

Experienced member
Messages
1,654
Reactions
1,072
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
“Kemarin saya makan siang dengan pemilik CATL, yang mengontrol 40 persen pasar dunia, dia datang dengan timnya lengkap dia sampaikan mau membangun ekosistem yang utuh di sini,” kata Luhut

“Luhut mengatakan komitmen CATL itu dapat memperkuat upaya hilirisasi bijih nikel di dalam negeri untuk mengembangkan produk akhir baterai ke depan. Apalagi, kata Luhut, ongkos produksi baterai lithium akan makin susut seiring dengan perkembangan teknologi pada industri baterai setrum tersebut .”

Good progress for sure. Now just need to increase the demand for EV domestically that could also help for the economic of scale.

Eventhough this nation’s country can’t enact its policy to prohibit export of raw material, for this case nickel because of recent EU’s lawsuit to WTO. Government looks like try to do another move by increase the tax for raw nickel export1 to disincentive it and incentivize companies to come here, different way same goal, not by totally prohibiting it to be exported raw.

Down-streaming of nickel production also meant to increase jobs for Indonesian, this one is the most basic reason, more economic activities which included production there, increasing jobs which hopefully make Indonesia to be more prosperous.

Don’t forget also about the social safety net, this one needed to cover the needs of those who need that actually also good for economy because the money available for consumption increase, if can without any minus for their basic needs like health, education etc from what the people (lower economic class) get. Current progressive tax enacted by SM ministry is a good way also I think to cover the budget for the social safety net.
 

HeyPaula1963

Experienced member
Messages
1,654
Reactions
1,072
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
nation’s country
Don’t get wrong, nation here means anyone that consider themselves as Indonesian, care nothing about ethnics, ideologies etc etc. Bangsa Indonesia itu luas banget, semangat ngelawan kolonialis (yang masang posisi di atas, ngontrol untuk plunder) Belanda atau siapapun dulu gak cuman ada di pribumi, siapapun termasuk bule juga kayak orang-orang Indische Partij. Ide kalo kita Bangsa Indonesia ini ngelampauin perjuangan pre-nationalistic dulu-dulu. We really need to put to our head that Indonesia is not just a country, but a nation. Even though there is no country, this idea of nation have to be exist.

I think Zionism is a great example no joke. Mereka nganggep kalo Yahudi itu bukan cuman agama tapi bangsa, dan mereka mau jadi bangsa yang punya negara sendiri yang sekarang jadi Israel. Tentang mereka mau ngambil semua daerah situ termasuk Tepi Barat beda pembahasan.
 
Last edited:

Lordimperator

Experienced member
Indonesia Correspondent
Messages
3,513
Reactions
1 1,878
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Sebelumnya mereka juga lisensi produksi K8 karakorum ada sekitar 150 an unit k8E, kemungkinan besar ini buat gantiin armada alpha jet sama Mirage V mereka.
Niat juga buat Inhan dalam negeri lisensi dengan ordernya banyak.
 

Madokafc

Experienced member
Think Tank Analyst
DefenceHub Diplomat
Messages
5,452
Reactions
2 9,379
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Niat juga buat Inhan dalam negeri lisensi dengan ordernya banyak.

Mereka kan ibaratnya centeng buat Sultan sultan di timur tengah, mereka juga dapet subsidi rutin militer dari US pasca camp David agreement.

Indonesia seharusnya sih memang sudah lisensi light fighter juga sejak tahun 80an, waktu itu pertama mau ngambil dari platform SOKO GALEB sambil mau dikembangkan bareng biar punya performa lebih bagus tapi Yugoslavia bubar, akhirnya bubar jalan. Sampai akhirnya fokus ngambil Hawk series, makanya sampai order 40 unit sekaligus buat pembukaan order. Eh bubar jalan juga gara gara krisis ekonomi Asia 1998, waktu itu juga ada jigs dan tools buat line production Hawk yang sudah order. Ya tapi batal semua akhirnya 😁😁

Mungkin nasib Emang sih
 

Madokafc

Experienced member
Think Tank Analyst
DefenceHub Diplomat
Messages
5,452
Reactions
2 9,379
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
They've done it long before with abrams MBT so no surprise.

Indonesia kebanyakan nasib jelek juga sih buat pengembangan program strategisnya , tahun 60 an awal , Indonesia udah punya engineering capability buat bangun rudal balistik jarak pendek, bahkan ada yang sudah operasional dan dipakai hingga latihan gabungan tahun 70 an awal. Tapi programnya dimatikan gara gara situasi politik, lalu selanjutnya industri militer dirgantara Indonesia, yang sempat diinjeksi lidocain tahun 1998 sampai 2000-an, sampai akhirnya stunting walaupun udah agak lumayan sekarang
 

Madokafc

Experienced member
Think Tank Analyst
DefenceHub Diplomat
Messages
5,452
Reactions
2 9,379
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Wah ada yang sumringah banget sampe pake masker aja ga bisa nutupin itu

Menhan Prabowo Menerima DIPA Tahun 2023 dari Presiden Jokowi​

Kamis, 1 Desember 2022





IMG-20221201-WA0043-1024x768.jpg
Jakarta –
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2023 yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Menkeu Sri Mulyani, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12).

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023 adalah instrumen yang digunakan pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian global yang masih berlanjut di tahun depan.

“Strategi besar, rencana besar yang kita siapkan betul-betul harus secara konsisten kita kerjakan di lapangan. Strategi besar dalam merespons tantangan ekonomi global tergambar dalam APBN 2023,” ujar Presiden.

Kepala Negara menambahkan, APBN dirancang untuk mampu mendorong kelanjutan pemulihan ekonomi nasional dan juga reformasi struktural sekaligus menjadi instrumen perlindungan sosial bagi masyarakat yang rentan.

Presiden pun meminta jajaran pemerintah untuk mengawal ketat penggunaan uang rakyat tersebut sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan negara sejalan dengan prioritas yang telah ditetapkan pemerintah.

“Saya minta pada seluruh kementerian, kepala lembaga, dan juga pemerintah daerah mengendalikan dan mengikuti secara detail belanja-belanja yang ada. Jangan terjebak rutinitas. Serta seperti yang sudah berkali-kali saya ingatkan agar memperbesar pembelian produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah],” ujarnya.

Selain itu, Presiden juga menekankan kepada jajarannya untuk meningkatkan sinergi dalam melaksanakan program-program pemerintah.

“Perlu saya ingatkan bahwa tidak ada program kementerian yang tidak bersinggungan dengan kementerian yang lain. Oleh sebab itu, kerjanya harus kerja terintegrasi, tidak sektoral, dan berjalan sendiri-sendiri,” tegasnya.

Menutup arahannya, Presiden kembali mendorong realisasi belanja pemerintah baik melalui APBN maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk menggerakkan perekonomian Indonesia.

“Saya minta percepat realisasi belanja di APBN maupun APBD, khususnya belanja modal dan belanja sosial,” pungkasnya.

Selain kepada Menhan Prabowo, Presiden Jokowi juga menyerahkan DIPA kepada 13 kementerian/lembaga (K/L) lainnya, yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo juga menyerahkan secara virtual Daftar Alokasi TKDD Tahun 2023 kepada para gubernur se-Indonesia. (Biro Humas Setjen Kemhan).

 

Follow us on social media

Top Bottom