Indonesia Casual Discussion Warkop Indonesia

NEKO

Experienced member
Indonesia Correspondent
Messages
2,924
Reactions
3 2,496
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
I wonder if the negotiation for SCS CoC will be affected with the new Chinese Coast Guard law
 

Madokafc

Experienced member
Think Tank Analyst
DefenceHub Diplomat
Messages
5,903
Reactions
4 10,020
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
MAHAL di ongkos. Selisih nya ama pesawat conventional di rute yg sama (CDG - JFK) bisa 4x lipat ongkos pesawat biasa (kalau ga salah inget), itupun dulu pertengahan tahun 90' an

Ya kan cita cita bocah, taunya naik pesawat super cepat
 

trishna_amrta

Experienced member
Messages
1,606
Reactions
1,925
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Ya kan cita cita bocah, taunya naik pesawat super cepat
Saya dulu pinginnya juga gitu tapi apa boleh buat, selain mahal rute nya Concorde khan juga terbatas termasuk jadwalnya juga terbatas. Rute rutinnya Concorde cuma LHR - JFK ama CDG - JFK. Rute lainnya cuma kadang2x aja atau kalau pas promo.
 

whatintarnation

Committed member
Messages
190
Reactions
244
Nation of residence
Saudi Arabia
Nation of origin
Indonesia
i cant believe they changed the design of the new presidential palace from this:
1617623958492.png


to this:
1617624027803.png


the second one just reeks of the word norak
 

Madokafc

Experienced member
Think Tank Analyst
DefenceHub Diplomat
Messages
5,903
Reactions
4 10,020
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
i cant believe they changed the design of the new presidential palace from this:
View attachment 17604

to this:
View attachment 17605

the second one just reeks of the word norak

Why don't use Art Deco style like Diet building in Tokyo or even more grandeur aspiration style like Greco Palatine hill style, more fit for Southern country like us and population, great strength along with economy largesses

And new Capital should have Grand Mosque along with Great Cathedral complex, Victory (Independence) square, Arc de Triomphan like, Great Parliament Building, National Army Academy, Naval College, National Barrack, Ambassador Complex and so on.

Something like this but with local adjustment

Bundesarchiv_Bild_146III-373,_Modell_der_Neugestaltung_Berlins_(_Germania_).jpg
 
Last edited:

whatintarnation

Committed member
Messages
190
Reactions
244
Nation of residence
Saudi Arabia
Nation of origin
Indonesia
Why don't use Art Deco style like Diet building in Tokyo or even more grandeur aspiration style like Greco Palatine hill style, more fit for Southern country like us and population, great strength along with economy largesses
The Astana Indonesia Raya reflects our economic prowess and indigenous architecture (which in my opinion is better than importing foreign styles like Art Deco).

The design reminds me of this old poster
1617629856064.png


I really love the Astana design for its simplicity and Indonesian-ness
 

trishna_amrta

Experienced member
Messages
1,606
Reactions
1,925
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Yang paling penting di ibukota baru itu, akses kesana nya yg layak utk level ibukota negara se level 🇮🇩 lewat mana coba❓ Kabar terakhir katnya TNI-AU akan bangun runway + lanud di situ yg cukup layak, tapi sampai sekarang ga ada lagi beritanya. Konyol uga khan kalau pembangunan ibukotanya udah mulai tapi akses kesana nya aja belum layak. Apalagi kondisinya sekarang bandara terdekat yaitu BPN dan AAP selain kejauhan juga kurang layak utk dijadikan akses udara ibukota negara. Itu belum lagi akses lautnya yg sekarang wujudnya masih perkampungan nelayan gitu 🥴. Yang jadi pertanyaan saya, ini sebenarnya niat apa ga sich pingin mindahkan ibukota, atau sekedar retorika politik doank❓
 

Var Dracon

Well-known member
Messages
446
Reactions
1 473
Nation of residence
Indonesia
Pengerdilan sejarah.jpg


Full caption/post:

Edit: The FB post did not actually show so I'll just copy-paste:

Pengerdilan sejarah Nusantara (The dwarfing of Nusantaran history)

INDONESIA: Sebuah replika kapal bercadik Majapahit bernama "Spirit of Majapahit" dibangun tahun 2009 di Madura, Jawa Timur, dan sejak 2010 kemudian dilayarkan menuju Jepang. Namun karena ada kendala (topan di Filipina) kapal ini baru sampai di Jepang tahun 2016. Desain kapal itu menurut Menko Kemaritiman Rizal Ramli kala itu, dibuat "semirip mungkin" dengan yang dimiliki Majapahit pada 8 abad silam. Replika Kapal Majapahit tersebut, memiliki ukuran panjang 20 meter dan lebar 4,5 meter dan berkapasitas 12 orang. Padahal kapal yang dibuat dan digunakan Majapahit (Jong Jawa) jauh lebih besar, dapat memuat sampai 1000 orang dan berukuran 50 depa (80-100 m) dengan lebar 1/4-nya (20-25 m). Akan tetapi, ini nampaknya adalah "batas atas" (upper size) dari jong Jawa, karena catatan Melayu, Cina, dan Eropa tentang jong Jawa menyebut kapal jong dengan muatan 600-700 orang, mungkin dengan panjang 70-78 m. Selain itu, tidak ada catatan kapal bercadik besar masih digunakan di Jawa saat masa Majapahit, secara teknis cadik kapal kurang berperan jika suatu kapal mencapai lebih dari 10 m (fungsi cadik adalah penyeimbang, juga membantu recovery posisi kapal jika bagian depan kapal masuk ke dalam air karena gelombang ombak - kapal Jong Jawa sendiri tidak memiliki cadik). Oleh Irawan Djoko Nugroho kapal Spirit of Majapahit disebut sebagai "replika untuk menghancurkan sejarah bangsa". Yang lebih parah, kesalahan ini sudah mengakar sangat dalam sampai-sampai jika anda mengetik keyword "kapal Majapahit" di Google, anda justru akan melihat rekonstruksi/miniatur kapal bercadik dari Borobudur (abad ke-8/9 Masehi).

MALAYSIA: Dibangun replika kapal kerakah Portugis, Flor de la Mar dengan panjang 36 m, tinggi 34 m, dan lebar 8 m, di Museum Maritim Melaka pada tahun 1994. Museum Maritim Melaka bertujuan untuk menyoroti pentingnya Melaka pada masa itu sebagai "pusat bisnis regional dan internasional". Yang aneh adalah, jika tujuan museum untuk mengingat peran Melaka dalam perdagangan, kenapa yang dibangun adalah kapal penjajah? Padahal kapal Melayu tak kalah hebatnya: Sebagaimana dicatat Hikayat Hang Tuah, Melaka membangun "ghali kenaikan raja" (royal galley) bernama Mendam Berahi yang memiliki panjang 60 gaz (sekitar 54,9 m) dan lebar 6 depa (11 m). Ini tentu lebih besar dari Flor de la Mar, meskipun masih kalah tinggi karena kapal ghali umumnya bergeladak rendah tidak seperti kerakah yang memiliki kastil depan dan belakang yang tinggi. Mendam Berahi diperkirakan dapat memuat 400 orang. Kapal ini kiranya juga merupakan "batas atas" (upper limit) ukuran ghali Melaka karena ia dibuat khusus untuk keperluan kerajaan. Kapal perang Melayu yakni lancaran, diperkirakan dapat memuat 150-200 orang.
 
Last edited:

Var Dracon

Well-known member
Messages
446
Reactions
1 473
Nation of residence
Indonesia
EU4 Leviathan new unit models
LeviathanRendersBEI2.jpg


LeviathanRendersMAJ2.jpg


LeviathanRendersPGR2.jpg

LeviathanRendersMLC2.jpg


There are more. See on:
 

Attachments

  • LeviathanRendersBEI2.jpg
    LeviathanRendersBEI2.jpg
    491 KB · Views: 46
  • LeviathanRendersMAJ2.jpg
    LeviathanRendersMAJ2.jpg
    494.5 KB · Views: 72

trishna_amrta

Experienced member
Messages
1,606
Reactions
1,925
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
View attachment 17705

Full caption/post:

Edit: The FB post did not actually show so I'll just copy-paste:

Pengerdilan sejarah Nusantara (The dwarfing of Nusantaran history)

INDONESIA: Sebuah replika kapal bercadik Majapahit bernama "Spirit of Majapahit" dibangun tahun 2009 di Madura, Jawa Timur, dan sejak 2010 kemudian dilayarkan menuju Jepang. Namun karena ada kendala (topan di Filipina) kapal ini baru sampai di Jepang tahun 2016. Desain kapal itu menurut Menko Kemaritiman Rizal Ramli kala itu, dibuat "semirip mungkin" dengan yang dimiliki Majapahit pada 8 abad silam. Replika Kapal Majapahit tersebut, memiliki ukuran panjang 20 meter dan lebar 4,5 meter dan berkapasitas 12 orang. Padahal kapal yang dibuat dan digunakan Majapahit (Jong Jawa) jauh lebih besar, dapat memuat sampai 1000 orang dan berukuran 50 depa (80-100 m) dengan lebar 1/4-nya (20-25 m). Akan tetapi, ini nampaknya adalah "batas atas" (upper size) dari jong Jawa, karena catatan Melayu, Cina, dan Eropa tentang jong Jawa menyebut kapal jong dengan muatan 600-700 orang, mungkin dengan panjang 70-78 m. Selain itu, tidak ada catatan kapal bercadik besar masih digunakan di Jawa saat masa Majapahit, secara teknis cadik kapal kurang berperan jika suatu kapal mencapai lebih dari 10 m (fungsi cadik adalah penyeimbang, juga membantu recovery posisi kapal jika bagian depan kapal masuk ke dalam air karena gelombang ombak - kapal Jong Jawa sendiri tidak memiliki cadik). Oleh Irawan Djoko Nugroho kapal Spirit of Majapahit disebut sebagai "replika untuk menghancurkan sejarah bangsa". Yang lebih parah, kesalahan ini sudah mengakar sangat dalam sampai-sampai jika anda mengetik keyword "kapal Majapahit" di Google, anda justru akan melihat rekonstruksi/miniatur kapal bercadik dari Borobudur (abad ke-8/9 Masehi).

MALAYSIA: Dibangun replika kapal kerakah Portugis, Flor de la Mar dengan panjang 36 m, tinggi 34 m, dan lebar 8 m, di Museum Maritim Melaka pada tahun 1994. Museum Maritim Melaka bertujuan untuk menyoroti pentingnya Melaka pada masa itu sebagai "pusat bisnis regional dan internasional". Yang aneh adalah, jika tujuan museum untuk mengingat peran Melaka dalam perdagangan, kenapa yang dibangun adalah kapal penjajah? Padahal kapal Melayu tak kalah hebatnya: Sebagaimana dicatat Hikayat Hang Tuah, Melaka membangun "ghali kenaikan raja" (royal galley) bernama Mendam Berahi yang memiliki panjang 60 gaz (sekitar 54,9 m) dan lebar 6 depa (11 m). Ini tentu lebih besar dari Flor de la Mar, meskipun masih kalah tinggi karena kapal ghali umumnya bergeladak rendah tidak seperti kerakah yang memiliki kastil depan dan belakang yang tinggi. Mendam Berahi diperkirakan dapat memuat 400 orang. Kapal ini kiranya juga merupakan "batas atas" (upper limit) ukuran ghali Melaka karena ia dibuat khusus untuk keperluan kerajaan. Kapal perang Melayu yakni lancaran, diperkirakan dapat memuat 150-200 orang.
Hati2x bacanya. Jenis kapal yg English nomenclature nya disebut "Javanese Junk" konstruksinya berbeda dengan Chinese Junk" dan "Borobudur type". Kapal type Javanese Junk pun ukurannya berbagai macam, tapi semuanya menggunakan teknik konstruksi yg sama dan bahan kayu yg sama. Yang disebut "Borobudur type" itu sebenarnya teknologi yg sudah ketinggalan jaman pada jaman kejayaan Wilwatikta (Majapahit)
 

Var Dracon

Well-known member
Messages
446
Reactions
1 473
Nation of residence
Indonesia
Hati2x bacanya. Jenis kapal yg English nomenclature nya disebut "Javanese Junk" konstruksinya berbeda dengan Chinese Junk" dan "Borobudur type". Kapal type Javanese Junk pun ukurannya berbagai macam, tapi semuanya menggunakan teknik konstruksi yg sama dan bahan kayu yg sama. Yang disebut "Borobudur type" itu sebenarnya teknologi yg sudah ketinggalan jaman pada jaman kejayaan Wilwatikta (Majapahit)
Yang saya tangkap ini:
Pada tahun 2009 dibuat kapal yang disebut-sebut mewakili kapal Majapahit bernama "Spirit of Majapahit", dimodelkan dari relief Borobudur. Padahal relief Borobudur lebih tua dari Majapahit dan tidak ada bukti kapal bercadik di candi itu masih digunakan 5 abad setelahnya.

Kalau kapal Borobudur yang mendekati aslinya, sudah pernah dibuat tahun 2003 dengan nama Samudra Raksa dan dilayarkan ke Ghana. Saya ketika lihat Spirit of Majapahit serasa melihat kapal nelayan pantai Jawa Utara yang masih ada sampai sekarang cuman ditambahin cadik (ini ditandai dari linggi depan dan linggi belakang yang lancip menjulang ke atas).

Jadi yang jadi masalah ya kenapa kapal yang tidak ada buktinya masih digunakan pada masa Majapahit dijadikan model kapal Majapahit. Ini sama saja menganggap Denmark pada abad ke-16/17 masih memakai Viking Longship.

Kalau soal perbedaan jung Jawa dan jung Cina saya sudah tahu.
 

trishna_amrta

Experienced member
Messages
1,606
Reactions
1,925
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Yang saya tangkap ini:
Pada tahun 2009 dibuat kapal yang disebut-sebut mewakili kapal Majapahit bernama "Spirit of Majapahit", dimodelkan dari relief Borobudur. Padahal relief Borobudur lebih tua dari Majapahit dan tidak ada bukti kapal bercadik di candi itu masih digunakan 5 abad setelahnya.

Kalau kapal Borobudur yang mendekati aslinya, sudah pernah dibuat tahun 2003 dengan nama Samudra Raksa dan dilayarkan ke Ghana. Saya ketika lihat Spirit of Majapahit serasa melihat kapal nelayan pantai Jawa Utara yang masih ada sampai sekarang cuman ditambahin cadik (ini ditandai dari linggi depan dan linggi belakang yang lancip menjulang ke atas).

Jadi yang jadi masalah ya kenapa kapal yang tidak ada buktinya masih digunakan pada masa Majapahit dijadikan model kapal Majapahit. Ini sama saja menganggap Denmark pada abad ke-16/17 masih memakai Viking Longship.
Betul sekali itu (y) Celakanya banyak orang yg menganggap bahwa replika Borobudur type tsb adalah replika kapal jaman Wilwatikta
 

reashot_xigwin

Active member
Messages
89
Reactions
93
Nation of residence
Vanuatu
Nation of origin
Vanuatu
EU4 Leviathan new unit models
View attachment 17718

View attachment 17719

View attachment 17720
View attachment 17721

There are more. See on:
Noice I'm going to pick up EU4 for the 1st time thx to this DLC. Right now I'm playing CK3 RPing as a Female Somalian Empress.
Ajuran1.png

Also yes your eyes does not deceive you my empire stretchs from Sudan to Kerala. With plan to conquer the rest of India. Because I want access to elephant unit (should seriously be fixed though like why you need like to own 20 regions & change their cultures to get access to elephant?!)
 

Gundala

Well-known member
Messages
415
Reactions
1 506
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Yang jadi pertanyaan saya, ini sebenarnya niat apa ga sich pingin mindahkan ibukota, atau sekedar retorika politik doank❓
Pindah!!! Gue capek kalo dah Pilplres/Pilkada/Isu sensitive dikit-dikit demo. Macetnya jadi nguler kemana-mana, yg naik busway sampai harus pindah rute, yg naik mobil/motor pribadi kena macet berjam-jam, abang ojol orderan sepi, dll. Yg denger berita mungkin ga capek, tp yg tinggal dan punya banyak aktivitas di sekitar jalur demo terasa menyebalkan. Biarin itu yg mau demo suruh pindah ke Kalimantan aja :LOL: :LOL:
 

Ravager

Contributor
Messages
1,035
Reactions
3 1,170
Nation of residence
Indonesia
Nation of origin
Indonesia
Yang paling penting di ibukota baru itu, akses kesana nya yg layak utk level ibukota negara se level 🇮🇩 lewat mana coba❓ Kabar terakhir katnya TNI-AU akan bangun runway + lanud di situ yg cukup layak, tapi sampai sekarang ga ada lagi beritanya. Konyol uga khan kalau pembangunan ibukotanya udah mulai tapi akses kesana nya aja belum layak. Apalagi kondisinya sekarang bandara terdekat yaitu BPN dan AAP selain kejauhan juga kurang layak utk dijadikan akses udara ibukota negara. Itu belum lagi akses lautnya yg sekarang wujudnya masih perkampungan nelayan gitu 🥴. Yang jadi pertanyaan saya, ini sebenarnya niat apa ga sich pingin mindahkan ibukota, atau sekedar retorika politik doank❓

It takes a lot of time for pondering until i reach some conclusion that the capital was kinda " closed " by design . All the big entrance Project building are projected on the surrounding area yet , never in the center proper ...
I could be kind of wrong here tho'..
 

Follow us on social media

Top Bottom